Tingkat Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Kepesertaan JKN/KIS ditempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan UPT Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung Tahun 2018

Authors

  • Gugum Pamungkas Prodi Kesmas STIKes Dharma Husada Bandung
  • Ranti Resmi Rosalina Politeknik Piksi Ganesha Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v13i1.75

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaannya wajib diselenggarakan oleh pemerintah sebagaimana telah diamanatkan  dalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 28 ayat (1) “setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan†dan Pasal 34 ayat (3) “ Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan faslitas pelayanan umum yang layakâ€

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien kepesertaan JKN/KIS ditempat pendaftaran pasien rawat jalan UPT Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung Tahun 2018.

Metoda: Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif  yakni data yang berhubungan dengan angka-angka, baik yang diperoleh dari hasil pengukuran, maupun dari nilai suatu data yang diperoleh dengan jalan mengubah data kualitatif  kedalam data kuantitatif, misalnya scor dari hasil tes, atau hasil dari perhitungan

Hasil dan pembahasan: Gambaran kepuasan pasien yang merasa puas yaitu sebesar 62 pasien atau 61,4%, dan responden yang merasa kurang puas berjumlah 39 (38,6%), Adanya hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien  ditempat pendaftaran pasien rawat jalan UPT. Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung dengan nilai p value = 0,05 (p≤0,05). Adanya hubungan jaminan dengan kepuasan pasien  ditempat pendaftaran pasien rawat jalan UPT. Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung dengan nilai p value = 0,00 (p≤0,05). Adanya hubungan bukti nyata dengan kepuasan pasien  ditempat pendaftaran pasien rawat jalan UPT. Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung dengan nilai p value = 0,02 (p≤0,05). Adanya hubungan empati dengan kepuasan pasien  ditempat pendaftaran pasien rawat jalan  UPT. Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung dengan nilai p value = 0,00 (p≤0,05). Adanya hubungan daya tanggap dengan kepuasan pasien  ditempat pendaftaran pasien rawat jalan UPT. Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung dengan nilai p value = 0,00 (p≤0,05).

References

Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28 ayat (1) dan Pasal 34 ayat (3)

Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

http : www. depkes. go. Id / resources / download / peraturan / PMK-No -75-Th-2014-tgg-Puskesmas

Undang-undang Nomer 36 Tahun 2009 Pasal 19

DepKes RI. 1997. Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi I, Jakarta : Departemen Kesehatan RI

Muninjaya, A.A Gde. 2014. Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Jakarta : Kedokteran EGC.

Victario, M.N.S. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rsud Tulehu Ambon. Skripsi. Ambon.

Riniyastuti, K., Rimawati E., Astuti, R.S. (2013) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di TPPRJ RSUD RA Kartini Jepara. Skripsi. Jepara. Fakultas Kesehatan UDINUS.

Herjuanianto, Dewanto, A. (2014). Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Wait Satisfaction Pasien Di Instalasi Rawat Jalan RSAL dr. Ramelan. Fakultas Kedokteran. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Rahmawati, E.F., Pudjiraharjo, W.J. (2014). Analisis Kepuasan Terhadap Kulitas Pelayanan Dengan Teori Donabedian Di Instalasi Laboratorium. Fakultas Kesehatan. Skripsi. Surabaya. Universitas Airlangga.

Dewi, A.U. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Pendaftaran Di Tempat Pendaftaran Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat. Sukaharjo. Universitas Muahammadiyah Surakarta.

Nandkeshav R., Kalpana M.K., Mangesh P.M., Akanksha, J. (2014). Patients’ Waiting Time and Their Satisfaction of Health Care Serfices Provided at outpatient Departemen of Government Medical College, Nanded Maharashtra India.; ISSN : 2249-9571

Joshi, K., Socaliya, K., Purani, S., Kartha, G. (2013). Patient Satisfaction About Health Care Services; a Cross Sectional Study of Patienst Who Visit The Outpatient Departement of a Civil Hospital at. .DOI:10.5455/ijmsph.2013.250420131

Data dan Informasi Kesehatan, 2016. Profil Kesehatan Indonesuia. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/lainlain/Data%20dan%20Informasi%20Kesehatan%20Profil%20Kesehatan%20Indonesia%202016%20-20%%20smaller%20size%20-%20web.pdf. Diakses pada 29 Januari 2018 pukul 01.20.

http://www.kompasiana.com/olaners/merancang-ulang-redesign-sistem antrian-pada-layanan-kesehatan-rs-puskesmas 570df039f1967389113d5c4. Diakses pada 9 Februari 2018 pukul 22.10.

DepKes RI, 1997. Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia Revisi I.Jakarta : Departemen Kesehatan RI

Wahyu Kuntoro, Wahyudi Istiono (2017). Kepuasa Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Vol,2 No 1- Mei

Astuti, S.K. Hidayat, A.R., Nugroho, R.H. (2016). Correlations Level of patient satisfaction to medical record service in the regristration place of outpatient in Puskesmas Jetis II Bantul. Vol,-7-No,-2-R,-Haryo-Nugroho.pdf

http://aepnurulhidayah.wordpress.com/2016/05/24/tunggu-pendaftaran-pasien-rawat-jalan-prsented-by-aep-nurul-hidayah/. Diakses pada 29 Januari 2018 pukul 01.40.

https://yohandawordpresscom.wordpress.com/2015/10/29/prosedur-pelayanan-rawat-jalan-yang-baik/. Diakses pada 29 Januari 2018 pukul 02.10.

Menkes RI, 2008.Peraturan Mentri Kesehatan nomor: 269 / Menkes / III / 2008 / Definisi dan isi rekam medis. Jakarta

Bustami MS, MQIH. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Penerbit buku Erlangga. EMS.

Asep Dian A, dkk. 2007. Hubungan Karakteristik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003,

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003

Soekidjo, N., (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta. Jakarta

Sabri, L. (2014). Statistik Kesehatan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta

http://www.rolahengki.com/2013/12/cara-menghitung-skala-likert-metode-perhitungan-presentase-dan-interval.html. Diakses pada 03 Februari 2018 pukul 23.10.

Riduwan, M.B.A., (2013) Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung

Firdaus, Zuhdi, (2013) Analisa Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Surakarta, FIK Universitas muhamadiyah Surakarta, Surakarta.

Nugroho, M. Kris (2004) Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat pegawai daerah di Puskesmas Kabupaten Kudus, Universitas Diponegoro.

Sitompul, Juliani, (2012) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Peserta Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center di RS. Depati Hamzah Pangkalpinang, Universitas Indonesia, Jakarta

Downloads

Published

23-07-2019

How to Cite

Pamungkas, G., & Rosalina, R. R. (2019). Tingkat Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Kepesertaan JKN/KIS ditempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan UPT Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung Tahun 2018. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.36051/jiki.v13i1.75