Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Unit Front Office di Rumah Sakit Ibu Anak Limijati Kota Bandung Tahun 2022

Authors

  • Gugum Pamungkas Prodi Kesmas STIKes Dharma Husada Bandung
  • Metha Dwi Tamara STIKes Dharma Husada Bandung
  • Papuli Rahmawati STIKes Dharma Husada Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v16i2.191

Abstract

Front office merupakan area pelayanan frontline yang melakukan tugas administrasi, seperti pendaftaran pasien, pencatatan data, dan laporan harian jumlah pasien. Seringkali, layanan kantor depan rumah sakit memiliki dampak yang signifikan terhadap efisiensi proses penerimaan dan pendaftaran pasien. Kinerja petugas unit front office sangat penting bagi rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kinerja petugas unit Front Office di Rumah Sakit Ibu Anak Limijati Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode analisis uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak adanya hubungan faktor jenis kelamin hasil sebesar 0,490, faktor status perkawinan sebesar 0,195, faktor pendidikan sebesar 0,127, faktor lama kerja sebesar 0,735, faktor kompensasi sebesar 0,077, faktor disiplin kerja sebesar 0,392 yang artinya lebih besar dari 0,050, faktor lingkungan kerja hasil uji Chi-Square diperoleh hasil Asympsebesar 0,134. Adanya hubungan antara faktor variabel psikologi sebesar 0,011, faktor kepemimpinan sebesar 0,019, faktor komunikasi sebesar 0,001. Pimpinan unit Front Office harus mampu menginspirasi dan memotivasi karyawannya dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Kata kunci: Kinerja, Front Office, Rumah Sakit.

Downloads

Published

12-12-2022

How to Cite

Pamungkas, G., Tamara, M. D., & Rahmawati, P. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Unit Front Office di Rumah Sakit Ibu Anak Limijati Kota Bandung Tahun 2022. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 16(2), 65–72. https://doi.org/10.36051/jiki.v16i2.191