Analisis Kinerja Billing System Rumah Sakit Bhayangkara Tk II Sartika Asih dengan Menggunakan Metode PIECE

Authors

  • Yohanes Adi Bangun Wiratmo STIKes Immanuel Bandung
  • Yuliani Yuliani STIKes Immanuel Bandung
  • Nadia Dewi Juniar STIKes Immanuel Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v16i1.180

Abstract

Salah satu komponen Sistem informasi rumah sakit yang mempengaruhi kualitas dan mutu rumah sakit adalah billing system yang dapat membantu pengguna dalam mengumpulkan, menyajikan dan mengolah data. Kendala billing system masih sering terjadi yaitu sistem error jaringan yang tidak terintegrasi dan pengguna yang belum memahami operasional sistem tersebut secara keseluruhan sehingga perlu dilakukan evaluasi atau Penilaian Kinerja sistem melalui persepsi pengguna dengan pendekatan PIECES (Perfomance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service). Tujuan penelitian seperti yang dipaparkan dalam uraian diatas yaitu untuk mengetahui kinerja billing system Rumah sakit bhayangkara Tk. II Sartika asih, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk membuat deskriptif dengan menggunakan angka tentang suatu keadaan secara objektif, mulai dari pengumpulan data, kemudian menafsirkan data tersebut, serta penampilan dan hasilnya (Arikunto,2006). Pada Pengumpulan data penelitian digunakan kuesioner serta wawancara kepada pengguna. Target responden adalah pengguna billing system pada bagian Administrasi Pendaftaran Poliklinik dan Rawat Inap, Kasir, Poliklinik, Rawat Inap, IGD, Radiologi, Laboratorium, Farmasi, PAPJ, Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan sistem masih berbasis single user, tidak ada tingkatan password dan pelatihan untuk para pengguna sistem. Tetapi kinerja pada billing system menurut metode PIECES hasilnya pada aspek perfomance 3,94 % dengan predikat PUAS, information 3,63% dengan predikat PUAS, economy 4,10 % dengan predikat SANGAT PUAS, control 3,98 % dengan predikat PUAS, efficiency 4,06 % dengan predikat PUAS dan service 4,06 % dengan predikat PUAS. dari hasil penelitian disarankan sistem menjadi multi user, leveling password, pelatihan sistem bagi pengguna, dan penelitian lanjutan melibatkan pengguna eksternal.

References

Alfa J, (2020). Evaluasi Kinerja Billing System Rawat Inap Berdasarkan Perspektif Pengguna Menggunakan Kerangka PIECES Di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya.Skripsi. Universitas Airlangga,Surabaya

Anfa J&Chalidyanto D. (2016). Administrasi kesehatan indonsia. Hospitalization billing system perfomance evaluation using PIECES framework, 4 (1), 20- 21.

Darmawan, (2021). Manajemen Rumah Sakitâ€Informasi Cakupan Capaian Target Pelayanan, Manajemen Mutu, Manajemen Efisiensi Pelayanan, Biaya Ekonomi Penyakit, Pendidikan Dan Pelatihan Di Rumah Sakit, ADAB, Indramayu

Dianto P&dkk, (2018). Evaluasi Penerapan SIMRS Menggunakan Metode Hot-Fit Di RSUD Dr. Soedirman Kebumen, 2(1), 46.

Fatta AH & dkk, (2007). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Untuk eunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Andi,Yogyakarta

Marwati, (2021). Analisis Sistem Informasi Registrasi Pasien Dengan Metode PIECES Di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Skripsi.Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Gowa

Mukson & dkk, (2020). Lingkungan Kerja Dan Orientasi Kewirausahaan Kinerja UMKM Melalui Komitmen Organisasi, Lakeisha , Jateng

Mulyadi, (2007). Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manjemen, Salemba Empat, Jakarta

Putri, AM &dkk. (2021). Baiturahmah Medical Journal. Evaluasi implementasi sistem Billing sistem RS Dalam Pencatatan pembayaran pasien rawat jalan dan pasien rawat inap dengan metode PIECES di RSI Siti rahmah padang tahun 2019, 1(1), 46

Saepulloh,A. & Rahmat, MA. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Billing pada Pasien Rawat Inap Di RSIA Hj.Karmini EH. Tasikamalaya, 1(1), 253- 254.

Sianturi E & dkk, (2021). Sistem Informasi Kesehatan. Yayasan kita menulis Simarmata J & dkk, (2020). Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi Manajemen, Yayasan Kita Menulis

Srimulyani, (2016). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit; Analisis Dan Perancangan, Abdi Sistematika,Bandung

Riana A, (2012). Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Manajemen Ditinjau Dari Aspek Persepsi Pengguna Dalam Mendukung Proses Manajemen Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.Tesis. Universitas Diponegoro Semarang, Semarang

Undang-Undang Republik Indonesia No.44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Downloads

Published

12-08-2022

How to Cite

Wiratmo, Y. A. B., Yuliani, Y., & Juniar, N. D. (2022). Analisis Kinerja Billing System Rumah Sakit Bhayangkara Tk II Sartika Asih dengan Menggunakan Metode PIECE. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 16(1), 47–54. https://doi.org/10.36051/jiki.v16i1.180