Penggunaan Metode Activity Based Costing dalam Perhitungan Harga Satuan (Cost Unit) di STIK Immanuel Bandung

Authors

  • Yuliani Yuliani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v16i1.178

Abstract

Gaya hidup masyarakat sekarang ini lebih mementingkan mutu daripada harga, anggapan masyarakat harga yang mahal identik dengan mutu yang terjamin, termasuk juga dengan biaya Pendidikan, Melihat fenomena seperti itu, perhitungan pembiayaan untuk penetapan tarif menjadi hal yang sangat penting. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Deskriptif dengan Pendekatan Kuantitatif, yang pada akhirnya adalah untuk mengetahui Jumlah Biaya Pendidikan atau harga pokok, per mahasiswa di STIK Immanuel Bandung pada Tahun Akademik 2019/2020. Dalam Penelitian dekriptif ini data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara kemudian dilakukan analisis dan interpretasi arti dari seluruh data yang terkumpul. Sedangkan Pendekatan kuantitatif adalah untuk menyampaikan tentang perhitungan nominal harga pokok (Unit Cost) Pendidikan per mahasiswa dengan menggunakan metode Biaya Berdasarkan Aktivitas (Activity Based Costing). Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data digunakan metode Activity Based Costing. yang digunakan dalam perhitungan Biaya Harga Pokok (unit cost) Pendidikan per mahasiswa di STIK Immanuel Bandung. Hasil Perhitungan dengan menggunakan Activity Based Costing, Biaya Satuan Harga Pokok (Cost Unit) per mahasiswa di STIK Immanuel Bandung adalah Biaya Langsung Total sebesar Rp. 10.693.943,00 dan Biaya Tidak Langsung Total sebesar Rp 6.213.653,00. Total Biaya Produk adalah sebesar Rp. 16.907.596,00. Hasil tersebut diperoleh dari Total Biaya Produk dibagi dengan jumlah mahasiswa aktif di STIK Immanuel yaitu sejumlah 823 mahasiswa

References

Abbas Ghozali. (2009). “Biaya Satuan Pendidikan Dasar dan Kebutuhan Dana Untuk Pendidikan Dasar Gratis.†Jurnal FEB Universitas Islam Negeri Jakarta.Hlm 1-22.

Agus Dwi Purwolastono,SE. (2012). Analisis Biaya Pendidikan Dengan Pendekatan Acivity Based Costing System: Studi Kasus Pada Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.Tesis. UGM.

Bastian Indra.(2015).Akuntansi Pendidikan.Yogyakarta:BPFE.

.(2006).Akuntansi Pendidikan. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Charles T. H., Srikant M.D. & George F.(2006) Akuntansi Biaya. (Ahli Bahasa:P.A.Lestari,S.E.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.Kemendikbud (2012). Penyusunan Unit cost Program Studi Dengan Dasar Model Activity Based Costing (ABC).

Fattah Nanang.(2012).Ekonomi & Pembiayaan Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Forum Dosen Akuntansi Sektor Publik. (2006). Standar Akuntansi Pemerintah.Yogyakarta:BPFE.

Fred dan Anne Abraham. (2006). “Activity Based Costing and Activity Data Collection: A Case Study in The Higher Education Sector.†Research Online.211.Hlm.1-15.

Garrison, Noreen, Brewer.(2006).Akuntansi Manajerial.Jakarta:Salemba Empat. Hapsari Adelina Vina. (2015). Analisis Biaya Satuan Pendidikan Di Smk Negeri 1

Jogonalan Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi. FE UNY.

Hilton, Maher, Selto.(2008).Cost Management.New York:McGraw-Hill.

Jhonson County.(2014). “The ABCs of Activity-Based Costing in Community Collagesâ€. American Institutes for Research.

Joh Marcus Tupan. (2003). “Activity Based Costing (ABC) Sebagai Model Alternatif Penentuan Biaya Praktikum Mahasiswa.†Jurnal Teknik.(Vol.07 Nomor.02).Hlm 1-8.

Matin.(2013).Perencanaan Pendidikan.Jakarta:RajaGrafindoPersada.

Mulyani A. Nurhadi. (2011). Dilema Kebijakan Pendanaan Pendidikan.Yogyakarta.Nuhadi Center.

Mulyono.(2010).Konsep Pembiayaan Pendidikan.Yogyakarta:AR-RUZZ Media.

Nanang Fattah. (2008) “Pembiayaan Pendidikan:Landasan Teori dan Studi Empiris.†Jurnal Pendidikan Dasar.(Nomor 9).Hlm 1-4.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 93 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penetapan Standar Satuan Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2015 tentang Bentuk dan Mekanisme

Pendanaan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Sagala Syaiful. (2009). Administrasi Pendidikan Kontemporer.Bandung:Alfabeta.

Santi Setyaningrum. (2014). Analisis Perhitungan Biaya Satuan (Unit Cost) Dengan Model Aktivity Based Costing Untuk Menentukan Standar biaya Di Smk Negeri 3 Kota Tanggerang Selatan. Skripsi. UIN Jakarta.

Setyo Budi Takarina.(2012). Satuan Biaya Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.Tesis.PPS UNY.

Sugiyono.(2010).Statistika Untuk Penelitian.Bandung:Alfabet.

Suharsimi Arikunto.(2010).Prosedur Penelitian, Jakarta:Penerbit Rineka Cipta. Suharsimi dan Lia.(2012).Manajemen Pendidikan.Aditya Media:Yogyakarta.

Supriadi Dedi.(2010).Satuan Biaya Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yan Hanif Jawangga. (2015). Perhitungan Unit Cost Penyelenggaraan Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Dengan Metode Activity Based Costing. Skripsi. FE UNY.

Published

12-08-2022

How to Cite

Yuliani, Y. (2022). Penggunaan Metode Activity Based Costing dalam Perhitungan Harga Satuan (Cost Unit) di STIK Immanuel Bandung. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 16(1), 35–42. https://doi.org/10.36051/jiki.v16i1.178