Pengaruh Edukasi Perawatan BBLR Terhadap Psikomotor Ibu dalam Merawat BBLR di Rumah

Authors

  • Yuyun Sarinengsih Universitas Bhakti Kencana
  • Raden Nety Rustikayanti Universitas Bhakti Kencana Bandung http://orcid.org/0000-0001-6438-4179
  • Denni Fransiska Universitas Bhakti Kencana Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v15i2.164

Keywords:

BBLR, Edukasi, Psikomotor

Abstract

Latar Belakang : BBLR merupakan bayi mengalami berat badan lahir rendah < 2500gram. Masalah pada BBLR seperti, gangguan penapasan, termoregulasi, imunologi, gastrointestinal, mengakibatkan meningkatnya morbiditas dan mortalitas, sehingga dibutuhkan penatalaksanaan baik di Rumah Sakit maupun di rumah. Di rumah sakit perawatan dapat diberikan oleh tenaga kesehatan dan difasilitasi oleh rumah sakit sedangkan di rumah perawatan akan dilakukan oleh keluarga dalam hal ini ibu. Untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan psikomotor dibutuhan edukasi sehingga perawatan yang dilakukan oleh ibu menjadi optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap psikomotor ibu dalam merawat BBLR dirumah.

Metode :  penelitian menggunakan desain penelitian quasi eksperimental dengan rancangan two groups only post test design. Sample 30 BBLR dengan pengambilan data menggunakan metode Purposive Sampling  yang  terbagi  menjadi kelompok intervensi dan kelompok control. Analisa data menggunakan uji Mann-Whitney Test.

Hasil : hampir seluruh responden (80%) pada kelompok intervensi bisa melakukan atau memperagakan perawatan BBLR, sedangkan pada kelompok control hampir seluruh responden (80%) tidak bisa melakukan perawatan BBLR dirumah.

Kesimpulan : terdapat pengaruh edukasi terhadap psikomotor ibu dalam melakukan perawatan BBLR dirumah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar penetapan SOP pemberian edukasi diruang perawatan sehingga ibu yang mempunyai BBLR bukan hanya mampu secara kognitif tapi dapat meningkatkan psikomotor dalam merawat anaknya dirumah.

 

Downloads

Published

03-02-2022

How to Cite

Sarinengsih, Y., Rustikayanti, R. N., & Fransiska, D. (2022). Pengaruh Edukasi Perawatan BBLR Terhadap Psikomotor Ibu dalam Merawat BBLR di Rumah. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 15(2), 83–87. https://doi.org/10.36051/jiki.v15i2.164