HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN STRATEGI KOPING MAHASISWA ALIH JENJANG PRODI SARJANA KEPERAWATAN INSTITUT IMMANUEL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.36051/jiki.v17i1.206Abstract
Stres akademik merupakan stres yang timbul akibat tuntutan dari instasi pendidikan tempat mahasiswa menempuh pendidikan. Stres akademik perlu dikelola dengan baik agar tidak menjadi hambatan bagi mahasiswa selama menjalani proses perkulihan, untuk mengatasi stres yang muncul maka diperlukan adanya strategi koping. Strategi koping adalah suatu aksi yang disengaja dan direncanakan unutk mengatasi ketegangan di lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan strategi koping mahasiswa alih jenjang prodi sarjana keperawatan dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2022 dengan desain cross sectional, melibatkan 66 partisipan yang merupakan perwakilan dari tiap kelas alih jenjang. Variabel stres akademik akan dinilai menggunakan kuesioner Perception Of Academic Stress Scale (PASS), sedangkan untuk variabel strategi koping menggunakan kuesioner Way Of Coping (WOC). Pada penelitian ini ditemukan data bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami stres akademik ringan (62,1%). Untuk strategi koping, sebagian besar mahasiswa alih jenjang menggunakan emotional focus coping (63,6%). Pada penelitian ini juga ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan strategi koping dengan nilai p-value 0,000. Untuk mengatasi stres akademik yang muncul akibat proses perkulihan daring sangat diperlukan strategi koping yang tepat agar tidak menyebabkan stres yang berkepanjangan hingga depresi bagi mahasiswa.
Kata kunci: Stres Akademik, Strategi Koping, Mahasiswa Alih Jenjang Keperawatan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reynaldi Tresnadjaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.