Hubungan Penggunaan Gadget dengan Persiapan Pembelajaran Mahasiswa Sarjana Keperawatan STIKes Bani Saleh Bekasi

Authors

  • Cici Paramida Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bani Saleh
  • Rika Harini STIKES Bani Saleh
  • Ponirah Ponirah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bani Saleh

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v16i1.175

Keywords:

Penggunaan Gadget, Persiapan Pembelajaran.

Abstract

Gagdet merupakan salah satu bentuk nyata dari perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilengkapi fitur-fitur canggih seperti kamera, permainan (games) yang dapat mengganggu perhatian mahasiswa selama pembelajaran diperkuliahan. Suara, gambar, cahaya, music, chatting, camera dan fitur lainnya kerap mengalihkan fokus belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan persiapan pembelajaran pada mahasiswa sarjana keperawatan Stikes Bani Saleh, Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 92 responden dengan teknik pengambilan total sampling. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar mahasiswa 90.2% atau 83 orang menggunakan gadget saat perkuliahan., 82.6% atau 76 orang mahasiswa memiliki persiapan pembelajaran yang kurang baik. Hasil uji bivariat didapatkan terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan persiapan pembelajarn dengan nilai p value = 0,00 < α (0,05). Penggunaan gadget terbukti mengganggu persiapan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran perkuliahan. Peneliti menyarankan sebelum memulai pembelajaran, diharapkan pengajar/dosen menerapkan aturan agar mahasiswa menonaktifkan gadget sampai akhir pembelajaran

References

Fasif, A. R., Rahmadi, F. A., & Questionnaire, D. (2017). hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun. jurnal kedokteran dipnegoro, 6(2), 148–157.

Astuti, N., Muncarno., Mirantika, D., & Dinnata, V. (2021). Hubungan penggunaan smartphone dan kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 10, No. 4, 2021, 2871-2878.

Finikma, F. (2017). Pengaruh smartphone di kalangan mahasiswa. https://www.hipwee.com/opini/pengaruh-smartphone-di-kalangan-mahasiswa/

Harfiyanto, Doni., utomo, Cahyo budi., & Budi, Tjaturahono. Pola interaksi siswa pengguna gadget di SMAN 1 Semarang. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/6859

Hasella, M.O. (2013). Pengaruh penggunaan gadget di kalangan anak sekolah dasar. Universitas Lambung Mangkurat program studi ilmu komputer fakultas MIPA

Muflih, M., Hamzah, H., & Puniawan, W.

A. (2017). di SMA negeri 1 kalasan Sleman Yogyakarta Students Use of Smartphones and Social Interaction in SMAN I Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal, VIII (1), 12–18.

Notoatmodjo, S. (2014). Metodelogi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novitasari, Dian. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650

Nurhidayah, Rika Endah. (2011). pendidikan keperawatan. medan: USU Press.

Onibala, B. M. Y. I. F. (2015). hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep), 3(April), 1–6.

Pascasarjana, P., & Maret, U. S. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran. 0–71.

Witarsa, Ramdhan., Rina, Sri Mulyani., Hadi., Nurhananik, N. R. H. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa sekolah dasar. pendagogik, Vol. VI, N, 9–20. Arsyad, M. N., & Fatmawati, F. (2018). Penerapan

Sabil. (2016). Dampak Positif Dan Negatif HP Bagi Pelajar. http://guraru.org/guru-berbagi/dampak-positif-dan-negatif-hp- bagi-pelajar/

Sami, R. (2015). Pengaruh Gadget Terhadap Kehidupan Kampus. https://www.kompasiana.com/ridwan.sami/54f3553f745513802b6c719b/pengaruh-gadget-terhadap-kehidupan-kampus

Velez, Ignacio Correa., Gifford, Sandra., & Barnett, Adrian. Longing to belong: Social inclusion and wellbeing among youth with refugee backgrounds in the first three years in Melbourne, Australia. https://www.researchgate.net/publication/46169574_Longing_to_belong_Social_inclusion_and_wellbeing_among_youth_with_refugee_backgrounds_in_the_first_three_years_in_Melbourne_Australia

World Health organization Statistic. (2017). http://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/255336/9789241565486-eng.pdf

Published

12-08-2022

How to Cite

Paramida, C., Harini, R., & Ponirah, P. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Persiapan Pembelajaran Mahasiswa Sarjana Keperawatan STIKes Bani Saleh Bekasi. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 16(1), 19–25. https://doi.org/10.36051/jiki.v16i1.175