Hubungan Pemberian Motivasi dengan Kesiapan Dalam Praktik Klinik Keperawatan (PKK) Politeknik Negeri Subang
DOI:
https://doi.org/10.36051/jiki.v16i1.174Keywords:
Bimbingan, Motivasi, Praktik Klinik KeperawatanAbstract
Bimbingan pra klinik menjadi kunci kesiapan seseorang untuk memulai melakukan rangkaian kegiatan dalam suatu perilaku. Ketidaktahuan dan ketidaksiapan mahasiswa keperawatan saat praktik klinik disebabkan mahasiswa umumnua belum memiliki pengalaman atau pengalaman sebelumnya tentang praktik klinik. Hampir semua siswa Program Studi Keperawatan di Politeknik Negeri Subang mengalami cemas saat praktik pertama kali di rumah sakit, mahasiswa menjadi tidak berdaya dan takut melakukan kesalahan. Penyebab lain dari kecemasan adalah kekhawatiran mahasiswa tentang melakukan kesalahan dan membahayakan pasien karena kurangnya pengetahuan mereka. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pemberian motivasi oleh pembimbing klinik dengan kesiapan mahasiswa melaksanakan praktik klinik di rumah sakit. Metode penelitian adalah deskriptif analitik. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling terhadap mahasiswa tingkat II dan III yang melaksanakan praktik di rumah sakit. Jumlah sampel sebanyak 48 orang. Kuesioner yang digunakan terdiri atas kuesioner pemberian motivasi oleh pembimbing klinik dan kesiapan mahasiswa melaksanakan praktik klinik di rumah sakit yang disusun dengan menggunakan skala likert.Uji statistik yang digunakan adalah Chi Square dengan nilai kemaknaan p < 0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara pemberian motivasi oleh pembimbing klinik dengan kesiapan mahasiswa melaksanakan praktik klinik (p = 0,037). Pemberian motivasi oleh pembimbing klinik membantu meningkatkan kesiapan dan keyakinan mahasiswa untuk melaksanakan praktik klinik. Pembimbing klinik hendaknya lebih mengoptimalkan pemberian motivasi kepada mahasiswa. Proses pemberian motivasi tidak akan membuat mahasiswa menjadi lebih professional secara instan, namun keteguhan dan keyakinan mahasiswa untuk melakukan PKK secara optimal dan menuju professional akan tercapai di masa depan.
References
Anton. Y. 2016. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Latar Belakang Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Profesi, Volume 14, Nomor 1. Halaman 15-24.
Ami. T. dkk. 2016. Pengaruh Bimbingan Preceptorship Model Kognitif Sosial Terhadap Peningkatan Kompetensi Klinik pada Mahasiswa. Jurnal Psikopedagogia Vol. 5, No. 1. Halaman 79-87.
Ekaristi. J. dkk. 2019. Hubungan Persepsi Mengenai Proses Bimbingan Klinik Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Praktek Klinik Keperawatan Semester Iii Psik Fk Unsrat Di Rs Bhayangkara Dan Puskesmas Bahu Manado. e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 7 Nomor 1. Halaman.1-7.
Elvina. B. 2019. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Tahun 2018/2019. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah, UIN Raden Intan Lampung.
Gracia. H.P. dan Made E. 2010. Hubungan Pemberian Motivasi Oleh Pembimbing Klinik Dengan Kesiapan Mahasiswa Melaksanakan Praktik Klinik Di Rumah Sakit. Nurseline Journal. Vol. 2 No. 1 Mei 2017 Halaman 30-36.
Marwan. H. 2013. Hubungan Antara Motivasi Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Jangka Kabupaten Bireuen. Jurnal lentera Vol. 13 No.4. halaman 12-21.
Natalia YP, Monika G, dan Lidya N. 2021. Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Tentang Pencegahan Penularan COVID-19 pada Keluarga di RW 13 Desa Gandasari Kec. Katapang Kab. Bandung. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel Volume 15, Nomor 2, Desember 2021. Halaman 88-93.
Rowbotham, M., & Owen, M. 2015. The effect of clinical nursing instructors on student self-efficacy. Nurse Educ Pract [Internet]. 2015;15(6):561–6. http://dx.doi.org/10.1016/j.nepr.2015. 09.008 (Diakses pada tanggal 24 Oktober 2018).
Sri D.S. 2019. Hubungan Pembelajaran Klinik dengan Tingkat Stres Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Thesis. Fakultas Keperawatan, Universitas Sumatera Utama.
Wilson C. 2012. Clinical Competence of Nursing Student. Australian Nursing Journal, 19 (7):13-15.