Analisis Stress Kerja, Burnout Syndrome dan Motivasi Kerja pada Dosen Universitas Bhakti Kencana Bandung Berdasarkan Karakteristik Demografi Selama Work from Home (WFH) Masa Pandemic COVID-19

Authors

  • Raihany Sholihatul Mukaromah Universitas Bhakti Kencana Bandung
  • Dedep Nugraha Universitas Bhakti Kencana Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v15i1.147

Keywords:

stress kerja, burnout syndrom, motivasi kerja, dosen, work from home

Abstract

Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi COVID-19. Pemerintah menerapkan berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, salah satu langkah strategisnya dengan menerapkan WFH. Dengan adanya physical distancing, proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan dengan menggunakan sistem daring. Pergeseran pola WFH ini mempengaruhi kehidupan dosen yang dapat memberikan dampak negative yaitu stress kerja, burnout syndrome dan motivasi kerja yang menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis stress kerja, burnout syndrome dan motivasi kerja pada dosen UBK Bandung berdasarkan karakteristik demografi selama WFH masa pandemic COVID-19. Penelitian menggunakan desain penelitian Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif non eksperimental dan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah dosen UBK yang terdiri dari 3 Fakultas sebanyak 117 dengan menggunakan purposive sampling, yaitu 54 orang. Alat ukur menggunakan kuesioner. Analisa univariat menggunakan data distribusi frekuensi. Hasil penelitian, berdasarkan karakteristik demografi yaitu hampir setengahnya 26 (48,1%) berada pada rentang usia 36 – 45 tahun, sebagian besar 38 (70,4%) perempuan, hampir seluruhnya 48 (88,9%) berstatus menikah, hampir seluruhnya 50 (92,6%) Pendidikan S2, sebagian besar 31 (57,4%) jabatan asisten ahli, sebagian besar 38 (70,4%) bekerja > 5 tahun. Hampir seluruhnya 50 responden (92,6%) berada pada tingkat stress sedang, Sebagian besar responden 31 (57,4%) tingkat burnout sedang, sebagian besar responden 28 (51,9%) memiliki motivasi kerja yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan unit SDM UBK dapat melakukan upaya - upaya untuk meningkatkan kinerja dosen pada masa pandemi sehingga dapat meringankannya saat bekerja di rumah.

Author Biographies

Raihany Sholihatul Mukaromah, Universitas Bhakti Kencana Bandung

Manajemen Keperawatan

Dedep Nugraha, Universitas Bhakti Kencana Bandung

Manajemen Keperawatan

References

Agus Purwanto, Masduki Asbari, Mochammad Fahlevi, Abdul Mufid, Eva Agistiawati, Yoyok Cahyono, Popong Suryani. 2020. Impact of Work from Home (WFH) on Indonesian Teachers Performance During the COVID-19 Pandemic: An Exploratory Study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 6235 - 6244. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/15627

Azizah Reftika Wulandari. 2020. Waspada kelelahan berlebih karena WFH. https://lokadata.id/artikel/waspada-burnout-alias-kelelahan-yang-rentan-menyerang-saat-wfh.

Beth, M., Reczek, C., & Umberson, D. 2015. Gendered emotion work around physical health problems in mid- and later-life marriages ☆. Journal of Aging Studies, 32, 12–22. https://doi.org/10.1016/j.jaging.2014.12.001

Cicilia Tri Suci Rokhani, S.Ag. 2020. Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi COVID-19 . SD Negeri Dengkek 01 Pati

Dr. Adiatma Y. Siregar. 2020. Webinar COVID-19 Series Fakultas Kedokteran Unpad. https://farmasetika.com/2020/04/17/yuk-coba-terapi-turunkan-stress-karena-wabah-COVID-19-ciptaan-dosen-unpad/

Feng, Z., Cheng, Y., Ye, L., Zhou, M., Wang, M., & Chen, J. 2020. Is home isolation appropriate for preventing the spread of COVID-19? Public Health. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.03.008

Firman. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743

Khan, F., Rasli, A. M., Yusoff, R. M., & Ahmad, A. 2015. Do Demographic make a Difference to Job Burnout among University Academicians?. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(1S).

Mangkunegara, Anwar, Prabu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Marliani, R., Nasrudin, E., Rahmawati, R., & Ramdani, Z. Regulasi emosi, stres, dan kesejahteraan psikologis: Studi pada ibu work from home dalam menghadapi pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN SGD Bandung.

Nurdin Bahar Irfan. 2018. Faktor-Faktor Motivasi Kerja Pada Karyawan Lembaga Huda Group Di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume.I, Nomor.1, Januari 2018 P-ISSN: 2614-8846; E-ISSN: 2614-4018

Purwanto, A. 2020. Studi Eksplorasi Dampak Work from Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi COVID-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100.

Saputri Laras, Fudholi, Sumarni. 2014. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Volume 4 Nomor 1 – Maret 2014

Sutrischastini Ary. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul Jurnal Kajian Bisnis Vol. 23, No. 2, 2015, 121 - 137

Yuwono, S. D. 2020. Profil Kondisi Stress di Masa Pandemi COVID-19 Sebagai Dasar Intervensi dalam Praktek Mikro Konseling. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 132-138.

Downloads

Published

03-02-2022

How to Cite

Mukaromah, R. S., & Nugraha, D. (2022). Analisis Stress Kerja, Burnout Syndrome dan Motivasi Kerja pada Dosen Universitas Bhakti Kencana Bandung Berdasarkan Karakteristik Demografi Selama Work from Home (WFH) Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 15(1), 47–56. https://doi.org/10.36051/jiki.v15i1.147