Efektifitas Teknik Hypnoparenting Dibandingkan dengan Teknik Distraksi: Bercerita terhadap Perubahan Skala Nyeri pada Anak Usia Sekolah yang Dilakukan Perawatan Luka di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.36051/jiki.v14i2.136Keywords:
Hynoparenting, pain, storytelling, school-age childrenAbstract
Perawatan luka merupakan tindakan keperawatan yang bertujuan untuk merawat luka agar tidak terjadi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka. Tindakan perawatan luka terutama pada anak-anak akan menimbulkan respon nyeri. Metode hipnosis yaitu Hypnoparenting menjadi alternatif untuk menurunkan nyeri yang dirasakan oleh anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan efektifitas teknik Hypnoparenting dibandingkan dengan teknik bercerita terhadap perubahan skala nyeri pada anak usia sekolah yang dilakukan perawatan luka di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent control group pre test-posttest design. Sample berjumlah 14 anak dari tiap-tiap kelompok intervensi dan kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu observasi skala nyeri menggunakan Numeric Pain Rating Scale, kuesioner, buku cerita. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji T dependen dan Uji T Independen. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada kelompok Hypnoparenting dan teknik bercerita kedua nya mempunyai pengaruh terhadap perubahan skala nyeri pada anak yang dilakukan perwatan luka. Kesimpulan tidak terdapat perbedaan baik secara statistik maupun secara praktis antara teknik Hypnoparenting dengan teknik bercerita pada anak yang dilakukan perawatan luka. Saran dalam penelitian ini yaitu agar tindakan Hypnoparenting dan teknik bercerita sebagai salah satu prosedur dalam mengurangi nyeri pada anak yang dilakukan perawatan luka.
References
Abraham, M. Rudolph, 2006. Buku Ajar Pediatri, volume 2. Jakarta: EGC
Arif, Antonius. (2011). The Handbook Of Hypnoterapy Scripts & Strategies. Jakarta: Kompas Gramedia.
Ernawati dan Hartini. 2011. Pengaruh metode bercerita terhadap perubahan tingkat nyeri tindakan skintest pada anak usia sekolah di RSUD ambarawa. Jurnal ilmu keperawatan dan kebidanan
Hajar, A. I. (2013). Pengaruh terapi non farmakologi terhadap respon nyeri anak dengan prosedur infus di RSUD HM RYACUDU. jurnal kesehatan, Volume IV, 381-384.
Judarwanto, W. (2005). Permasalahan Umum Kesehatan Anak Usia Sekolah. Di unduh dari http://www.pdpersi.co.id. Pada tanggal 3 Februari 2016
Potter & Perry. (2006). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC
Potter & Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC
Kiyat, A., Ani, F., & Dias, K. (2014). Terapi mendongeng dapat menurunkan Immanuel tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah akibat hospitalisasi. Media ilmu Kesehatan , vol 3. No.1. 23-28.
Sue, D.C. (2010). Fundamentals of nursing: Standards & practice, (2nd Ed.). New York: Delmar
Suprajitno, 2004, Asuhan Keperawatan Keluarga : Aplikasi dalam praktik, Jakarta: EGC
Tomey, A.M & Alligood, M.R . (2006). Nursing Theory and Their Work. USA: Mosby Elsevier
Wong, D. L., Hockenberry-Eaton M., Wilson, D., Winkelstein, M.L., & Schwartz, P. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Edisi 6. Volume 1,. Jakarta: EGC
Wong, D. L., Hockenberry-Eaton M., Wilson, D., Winkelstein, M.L., & Schwartz, P. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Edisi 6. Volume 2. Jakarta: EGC