Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II dan III di SD Yami Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.36051/jiki.v18i2.281Abstract
Pendahuluan: Pola asuh termasuk cara orang tua mendidik anak melalui aturan, arahan dan bimbingan tertentu supaya sukses serta semakin baik pada kehidupan. Hal tersebut berdampak pada prestasi belajar disekolah, khususnya untuk anak usia sekolah dasar. Tujuan: penelitian tersebut supaya mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas II Dan III di SD Yami Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung. Metode: Penelitian tersebut memakai metode penelitian kuantitatif, dan desain penelitan yang dipakai termasuk Deskriptif korelasional melalui pendekatan cross sectional. Populasi total 103 responden. Sampel sebanyak 51 responden. Pengambilan sampel memakai simple random sampling. Teknik pengumpulan data diterima lewat pengisian kuesioner PSDQ (Parenting Styles & Dimensions Questionnaire-Short Version) pada pola asuh orang tua serta pengamatan pada prestasi belajar. Analisa data memakai Chi-square. Hasil: hasil penelitian tersebut diperoleh mayoritas responden memperoleh pola asuh orang tua demokratis prestasi belajar anaknya sangat baik yaitu sebanyak 43 responden (97,7%) dan pola asuh orang tua demokratis prestasi belajar anaknya baik 2 responden (28,6%). Untuk penelitian tersebut diperoleh nilai p value 0,00 < 0,05. Kesimpulan: diperoleh hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas II Dan III di SD Yami Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung. Saran penelitian ini ditujukan kepada SD Yami diharapkan dapat membuat pertemuanpertemuan bersama orang tua siswa untuk menginformasikan perkembangan siswa disekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yeri Astuti, Monika Ginting, Berlyna Damayanti Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.