Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak PAUD di Kecamatan Samalantan

Authors

  • Herlina Herlina AKPER SERUKAM
  • Maria Agustin AKPER SERUKAM

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v15i1.152

Abstract

Perkembangan secara optimal bagi anak jika anak mendapatkan pola asuh yang baik. Factor lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tua dapat mempengaruhi perkembangan anak yang sesuai dengan kebutuhan serta usianya. Desain korelasi, dilakukan terhadap 35 orang tua dan anak PAUD serta teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) untuk mengukur kemapuan perkembangan anak, sedangkan kuisioner pola asuh orang tua merupakan kuisioner dari penelitian sebelumnya yang telah dilakukan uji validitas dan realibilitas. Analiasis univariat dan bivariat dilakukan pada penelitian ini serta menggunakan uji pearson untuk melihat hububungan atau korelasinya. Penelitian dilakukan pada bulan November sampai Desember Tahun 2019 di Wilayah Kerja Puskesmas Samalantan. Terdapat hubungan bermakna antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia PAUD dengan nilai p value 0,003. Saran dari penelitian ini terkait perkembangan anak di wilayah kerja Puskesmas dapat menjadi informasi khusus bagi petugas Kesehatan, yang dapat menjadi informasi bagi petugas Kesehatan

References

Adawiah, R. (2017). Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Brooks, J. (2011). Proses Pengasuhan. Pustaka Pelajar.

Dewi, L. ‘Adah A. (2015). Pengaruh Interaksi Orang Tua-Anak dan Pengambilan Keputusan Keluarga terhadap Kenakalan Remaja. http://repository.ipb.ac.id/jspui/bitsream/123456789/83054/1/l15laa.pdf

Dian Adrina. (2013). Tumbuh kembang dan terapi Bermain pada Anak. Salemba Medika.

Hana Nuzulia Fatmala. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak USia Prasekilah di TK Pertiwi I Desa Purbowangi Kecamatan Buayan kabupaten Kebumen. Sekolah Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Gombong. http://elib.stikesmuhgombong.ac.id/252/1/NUZULIA HANA FATMALA NIM. A11200808.pdf

Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 9(Desember), 80–93.

J.W Santrock. (2017). Perkembangan Anak (Edisi Kese). Erlangga.

RISKESDAS. (2018). Riset Kesehatan Dasar. https://www.depkes.go.id/resources/download/infoterkini/materi_rakorpop_2018/Hasil Riskesdas 2018.pdf

Siswanto. (2013). Konsep & Proses Keperawatan Keluarga. Graha Ilmu.

Sulianti dan Sumiati. (2016). Pendekatan Bermain untuk Menurunkan Perilaku Menghindar pada Anak yang Mengalami Trauma Pengobatan. Jurnla Ilmiah Psikologi. https://doi.org/DOI 10.15575/psy.v3il.1099.

Susanti. (2016). Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh Terhadap Kemandirian Anak Dalam Keluarga. http://eprints.uny.ac.id/45692/2017/04/15.

UNICEF. (2020). Situasi Anak di Indonesia - Tren, Peluang, dan Tantangan dalam Memenuhi Hak-hak Anak. Unicef, 8–38.

Yulita, R. (2014). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak balita di posyandu sakura ciputat timur. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitsream/123456789/25651/1/Refi Yulita - fkik.pdf

Zaidin Ali. (2010). Pengantar Keperawatan Keluarga. EGC.

Downloads

Published

03-02-2022

How to Cite

Herlina, H., & Agustin, M. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak PAUD di Kecamatan Samalantan. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 15(1), 25–30. https://doi.org/10.36051/jiki.v15i1.152