Pembuatan Aplikasi Kepuasan Pelanggan pada Bagian Humsar (Humas dan Pemasaran) di Rumah Sakit Bhayangkara TK II Sartika Asih Bandung dengan Menggunakan Metode Waterfall

Authors

  • Yohanes Adi

DOI:

https://doi.org/10.36051/jiki.v14i2.139

Keywords:

Customer Satisfaction Application, Customer Satisfaction

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Pembuatan Aplikasi Kepuasan Pelanggan Pada Bagian Humsar (Humas Dan Pemasaran) Di Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung Dengan Menggunakan Metode Pengembangan Waterfall, dikarenakan di tempat yang dijadikan penelitian ini belum ada aplikasi kepuasan pelanggan dan hal ini dapat membantu bagian Humsar untuk mendapatkan data kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan untuk kemudian diambil tindakan perbaikan secepatnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah memakai metode yang biasa dipakai pada pembuatan aplikasi yaitu dengan Metode Waterfall, yang terdiri dari Analisa Kebutuhan, Desain Sistem, Penulisan Kode Program, Pengujian Sistem dan Penerapan Program dan Pemeliharaan. Hasil pembuatan aplikasi ini telah diterapkan serta sumber daya software yang digunakan telah menghasilkan laporan dengan tepat, jika sumber daya manusia melakukan input data secara real time maka informasi yang dihasilkan pun akan lebih akurat dan up to date. Saran yang diajukan oleh penulis yaitu berupa pembuatan SOP, pelatihan dan penempatan aplikasi di titik-titik yang lebih strategis.

References

Arbie, Erwan, 2000, Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Jakarta : Bina Alumni Indonesia

Ery Rustiyanto. 2012. Sistem Informasi Manajeen Rumah Sakit Yang Terintegrasi. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Hartono, Bambang SKM, MSc, MM. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta

James A O’Brien, 2005. Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial,: Salemba Empat

James A O’Brien, 2013. Sistem Informasi Manajemen: Salemba Empat

James A O’Brien, 2010. Sistem Informasi Manajemen: Salemba Empat

James A O’Brien, George M. Marakas, 2017. Pengantar Sistem Informasi: Salemba empat

Jogianto Hartono. 2017. Sistem Informasi Manajemen (Edisi 2). Universitas Terbuka

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangakat Lunak – Buku Satu, Pendekatan

Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi

Suharsimi Arikunto, 2016. Manajemen Penelitian: Bineka Cipta

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi dengan metode R & D. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Undang – Undang RI Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan

Permenkes Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Sistem Informasi Rumah Sakit

Sasmito, 2017 “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal†Jurnal Informatika : Jurnal Pengembangan IT

I Dewa Made A. B. J , Sandika 2016 “Sistem Informasi Manajemen Sebagai Alat Pengelolaan Penelitian Dosen†Lontar Komputer.

Mulia Rahmayu, 2016 “Rancang Bangun Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Dengan Layanan Internet Menggunakan Metode Waterfall†, Jurnal Evolusi.

http://www.pengetahuandanteknologi.com/2016/09/metode-waterfall-definisitahapan.html. Diakses pada Senin 15 Juli 2019 jam 02.30 WIB.

https://www.zonareferensi.com/pengertian-implementasi/. Diakses pada Senin 15 Juli 2019 jam 04.00 WIB.

http://novieovie89.blogspot.com/2014/12/manajemen-rumah-sakit.html.Diakses pada Selasa 16 Juli 2019 jam 20.30 WIB.

https://www.academia.edu/34722488/Definisi_Tugas_Dan_Fungsi_Rumah_Sakit _Menurut_WHO. Diakses pada Jumat 19 Juli 2019 jam 23.00 WIB.

Downloads

Published

22-01-2021

How to Cite

Adi, Y. (2021). Pembuatan Aplikasi Kepuasan Pelanggan pada Bagian Humsar (Humas dan Pemasaran) di Rumah Sakit Bhayangkara TK II Sartika Asih Bandung dengan Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 14(2), 83–98. https://doi.org/10.36051/jiki.v14i2.139